Rabu, 21 Januari 2015

Program Aplikasi Swishmax


Progam animasi swishmax


Pengertian animasi:
     Animasi adalah salah satu elemen multimedia yang memang sangat menarik. Sebab animasi mampu membuat sesuatu seolah-olah bergerak. Padahal animasi adalah rangkaian sejumlah gambar yang ditampilkan secara begantian. Menurut Ibiz Fernandes dalam bukunya Macromedia Flash Animation & Cartooning: A Creative Guide, animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.
Kegunaan animasi:

         Animasi tidak hanya dipakai untuk film saja. Dalam dunia situs web animasi digunakan untuk memberikan sentuhan manis pada situs. Bahkan bagi dunia pendidikan animasi juga digunakan sebagai alat bantu untuk menjelaskan sesuatu agar siswa dapat memahami konsep yang diajarkan. Di bidang animasi yang saat ini berkembang sangat pesat, salah satu contoh hasil dari pengembangan animasi adalah program swishmax. Swishmax dapat dijadikan alternatif selain menggunakan flash yang telah banyak digunakan. Sebelum swishmax dikembangkan software flash lebih dahulu tenar di kalangan desain grafis. Namun setelah software ini dikeluarkan para animator lebih memilih menggunakan software swishmax dari pada macromedia flash karena penggunaan script animasinya lebih mudah dipergunakan dan lebih efektif. Dibanding dengan software lain, swishmax menyediakan banyak desain button, sehingga memudahkan animator untuk mendesain.

Kelebihan software swishmax:

       Selain itu software swishmax mempunyai kelebihan disbanding software animasi flash terdahulu, yaitu diantaranya swish max relatif lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Macromedia Flash dan dengan hasil relatif sama, swishmax sudah dilengkapi dengan berbagai animasi yang menarik dan mudah dalam penggunaanya, swishmax juga mampu menangani link antar objek maupun dokumen.
 Pengembangan swishmax sebagai salah satu media penyampai pesan kepada anak adalah sebuah gagasan yang dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam menyampaikan materi terhadap anak. Pada kenyataannya, selama ini banyak guru yang masih terus selalu menggunakan metode ceramah yang klasikal dalam penyampaian materi.
Padahal materi bisa disampaikan melewati beberapa media yang salah satunya adalah swishmax ini. Jika mendengarkan ceramah yang diberikan oleh guru, siswa hanya akan membayangkan dengan interpretasi yang berbeda-beda setiap anak, karena tidak ada gambaran yang jelas mengenai penjelasan yang diberikan atau tidak ada visualisasi yang jelas sehingga anak susah membayangkan mendekati kenyataan.
Fitur utama dari SWiSHmax adalah:
  1. Termasuk lebih dari 350 efek yang telah disediakan.
  2. Kemungkinan untuk mengimport suara, gambar dan video dalam format yang paling umum.
  3. Ketersediaan bahasa pemrograman sendiri, yang dikenal sebagai SWiSHscript untuk pengguna tingkat lanjut.
  4. Eksport animasi ke format SWF, yang awalnya dikembangkan oleh Macromedia dan yang saat ini dimiliki oleh Adobe.
  5. Advanced Flash desain untuk para seniman grafis atau animasi programmer. Kendali desain pengendalian.
  6. Proyek Template Baru dan Wizard Panelnya untuk dapat secara cepat mempublikasikan proyek yang disertakannya.
  7. Efek membuat animasi dengan video, teks, gambar, grafik dan suara yang sederhana dan cepat untuk menghasilkannya.
  8. Kemampuan untuk membuat dan mendistribusikan efek Anda sendiri.
  9. Semua efek dapat ditambahkan ke beberapa objek sekaligus.
  10. Membuat dan mendistribusikan efek sendiri khusus dan komponen.
  11. Mendukung soundtrack beberapa tumpang tindih dengan efek suara ganda.
  12. Tool Komponen Baru dengan cepat dan mudah dalam penempatan komponen umum. ( Abdul Rouf - Semarang )
Pengelompokan Perangkat Lunak berdasarkan Fungsinya Pembagian kelompok Software berdasarkan fungsinya :
a) Sistem Operasi
Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengolah segala proses dan mengelola program-program di dalam komputer, penjelasan Sistem Operasi secara    lengkap akan dibahas pada Bab 4 contoh Sistem Operasi :
1. Seluruh turunan UNIX ; Linux, BSD, Solaris, MacOS, Belenix dll.
a. Linux, dengan distro-distro ; RedHat, Knoppix, SuSE, Ubuntu dll.
b. BSD, dengan variasi-variasi ; FreeBSD, OpenBSD, NetBSD dll.
2. Produk-produk Microsoft; MS-DOS, MS Windows (1.0, 2.0, 3.0, 3.11,95, 98, 98SE, ME, 2000, XP, Longhorn, Vista dst), dll.

b) Utility Program Merupakan Program yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja komputer seperti Antivirus (Norton family, McAfee, Norman dll),pembagi partisi (FDISK, Partition Magic), peringkas file (WinRAR,
WinZIP dll) dll.

c) Programming Language
Merupakan sebuah program yang berguna untuk menghasilkan program aplikasi lainnya, Terdapat dua macam programming software;
• Low-Level Language: Bahasa biner, Bahasa Assembly.
• High-Level Language: C++, Java, Visual Basic, Pascal, dll.

d) Application Program Merupakan program yang dipakai untuk keperluan sehari-hari


1.1. Dasar-dasar Animasi
Komputer bukanlah barang baru di era informasi ini, sekarang dalam pemerintahan sudah memiliki Departemen sendiri yaitu Dekominfo. Pada semua bidang pekerjaan, penggunaan komputer menjadi suatu keharusan, karena aktifitas kerja menjadi lebih mudah. Bagi individu yang tidak memiliki kemampuan menggunakan computer akan membuatnya tersisih dalam dunia kerja.
Komputer tidak dapat dilepaskan dari dunia pendidikan. Bahkan di perguruan tinggi, ilmu komputer
menjadi suatu mata kuliah.
 
1.2. Mengapa Swish
Saat ini ada banyak aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membangun sebuah game, seperti C, C++, visual basic dan masih banyak lainnya. Saat ini telah bermunculan program-program animasi diantaranya adalah Macromedia Flash dan SwishMax.
Animasi-animasinya lebih sering digunakan untuk movie/film, banner iklan, button, navigasi atau presentasi, baik dalam sebuah homepage maupun berdiri sendiri. selain itu dapat juga digunakan untuk membuat game-gamne sederhana, seperti game pendidikan Program ini dapat didownload secara gratis versi trialnya di http://www.swishzone.com
Dari beberapa program animasi yang ada, SwishMax paling mudah untuk digunakan dan juga menarik minat banyak kaum flasher maupun web developer. Swishmax memiliki feature yang cukup untuk menghasilkan animasi komplek yang indah, baik animasi teks, image, grafik dan suara. Selain itu Script nya pun mudah dipelajari, karena adanya menu guided yang disediakan untuk pemula.
SwishMax merupakan pengembangan dari Program Swish v.2, yang kini telah memiliki 230 bulit-in efek seperti efek Explode, Vortex, 3D Spin, Snake dan banyak lainnya. Seperti halnya Swish, SwishMax juga memilki alat bantu untuk membuat garis, kotak, elips, kurva bazier, gerak animasi, sprite, tombol roll over dan lainnya.
Format dasar SwishMax adalah swi file, namun dapat juga diekspor kedalam file flash (swf), movie (avi) ataupun execute(exe) program yang dapat dijalankan berdiri sendiri. Sehingga animasi Swishmax dapat diletakkan langsung di web, atapun diikutkan dalam presentasi Microsoft Powerpoint dan Microsoft Word.
  
1.3 Mengenal SwishMax
Dalam modul ini tidak akan dijelaskan menu-menu dan fungsinya yang ada padaSwishMax.
SwishMax memiliki tampilan antarmuka/ruang kerja yang cukup bagus, yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu :
- Main menu
- Toolbox
- Toolbar-toolbar termasuk toolbar Standar, insert, dan control
- Panel-panel termasuk panel Timeline, Outline, Layout, dan Text
- Status Bar
Setiap komponen tersebut diatas masing-masing memiliki berbagai macam fungsi dan fasilitas yang mendukung dalam pembuatan animasi Flash. Gambar berikut menampilkan masing-masing komponen yang telah disebutkan diatas .
2.1. Main Menu
Main Menu merupakan menu utama dari SwishMax, karena didalmnya terdapat menu-menu yang akan sering kita gunakan. Main menu terletak dibagian paling atas dari window SwishMax. Menu-menu ini juga dapat diakses melalui toolbar-toolbar yang ada.


a.File
Menu file memiliki beberapa submenu, diantaranya :
- New (Ctrl+N) : digunakan untuk membuat movie baru
- Open (Ctrl+O) : digunakan untuk membuka file .swi (movie Swishmax) atau file-  file format lain tapi masih didukung oleh SwishMax.
- Save (Ctrl+S) : digunakan untuk menyimpan movie yang sedang aktif
- Save As : digunakan untuk menyimpan movie yang aktif dengan nama baru
- Export : digunakan untuk mengexpor movie SwishMax menjadi file .swf, movie(.avi), file .html dan file execute (.exe).
Selain submenu diatas masih banyak ada menu-menu lainnya yang dapat dipelajari dan dicoba sendiri.
b.Edit
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVXNO0pGXerj4BdPYW3lsoSu2X0vxjNvjQVjd-lrIXF7S2RnBd2cwqts6Df56Cor9jHtMIuBOq3cbKP7NSuplN6Eafh_3N4sCeHA4ijw5DpS7N98uda6_KOONT3BB7HR0Ax3PN_ZWiYto/s320/web2_image004.jpg
Menu Edit memungkinkan kita melakukan editing/perubahan pada suatu movie.
Submenu dari menu edit antara lain :
- Copy : digunakan untuk meng-copy object atau efek yang dipilih pada clipboard
- Paste : digunakan untuk mem-paste object atau efek dari Clipboard ke movie  SwishMax yang sedang aktif
- Delete : digunakan untuk menghapus object atau efek yang sedang dipilih 
d. Insert
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5GYUqB5mFYLEsk9O81gkC_xSYtEuhYbtGW6fEIuwJbDpXW3m6J5LsydrxYYsZ8-MFczimLy_YoOOlOBCI-kL__SUE28hMortcUZPvJfIq1e1sWdgZ6Bm_TpsNaycsiuLMYFW2cZrp7Zw/s320/web2_image008.jpg
Menu Insert digunakan untuk menambahkan suatu objek kedalam movie, baik berupa text,   button, sprite dan lainnya. Selain objek, melalui menu ini juga efek dan Script ditambahkan kedalam objek atau movie. Submenunya antara ain :
- Scene : untuk menambahkan scene baru kedalam movie
- Text : digunakan untuk menyisipkan teks kedalam scene/sprite/group.
- Button : digunakan ntuk menambahkan button/tombol kedalam scene/sprite/group.
- Sprite : digunakan untuk menyisipkan sprite kedalam scene/sprite/group.
- Image : digunakan untuk menyisipkan image/gambar kedalam scene/sprite/group.
- Content : untuk menyisipkan file eksternal kedalam movie. Perintah ini sama  dengan perintah File   Import
- Effect : digunakan untuk menambahkan efek pada objek yang dipilih. Efek yang tersedia cukup banyak pada SwishMax, dan dapat langsung dilihat.
- Script : digunakan untuk menambahkan script/ perintah pada suatu objek atau pada frame  yang dipilih. Script disini dapat berupa Event, Action atau Difine Functions. Script yang telah dibuat dapat diedit pada Panel Script (berbentuk “tab” berdampingan dengan Layout
c.View
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKJZk0vcs4cUeOeFfJ2kqb83YXgMjZ1axnQA6zFi9nneI2Nd5nQqQSRk7Exdnolk42CfNj-80e7JPmRLNm2vo102B0nRFbyDCEHfwbNH8tBQDoumHcNv_mi02XSRTp2SFyCTlb0mwZyCE/s320/web2_image010.jpg
Menu View berisi fasilitas untuk mengubah tampilan movie, mengatur Toolbar yang  ditampilkan, menampilkan grid dan sebaginya. Menu View memilki submenu antara lain :
- Zoom In : digunakan untuk memperbesar tampilan pada panel layout
- Zoom Out : digunakan untuk mempekecil tampilan pada panel layout
- Fit Scene In Window : digunakan untuk menampilkan scene tampak
semuanya/mencukupi pada panel layout.
e. Modify 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgamlHt2egJdnh122S6tLKe5amPOHQfvKSFb6liSkT3yWtnYHLPZJxR18HeXG9k5F1HWR1BDvle184yvx9QmDaaKIx8dNUjvjnUdUkJg6If9JTbMQOBxsQT401n56_8BQZ63-R65AIDGCo/s320/web2_image012.jpg

Menu ini menyediakan fasilitas untuk melakukan perubahan pada property dari satu objek. Menu yang paling sering nanti digunakan adalah :
Grouping :
- Group as Group : digunakan untuk menjadikan sekelompok   objek menjadi satu group. Efek komplek dapat diaplikasikan ke  group.
- Group as Button : untuk menjadikan sekelompok objek yang dipilih menjadi suatu Button/tombol.
- Group as Sprite : untuk menjadikan sekelompok objek yang dipilih menjadi suatu sprite.
- Group As Shape : untuk menjadikan sekelompok objek yang dipilih menjadi sebuah shape.
- Ungroup : untuk memecah group atau sprite menjadi objek terpisah.
- Convert :
- Convert to button : untuk mengkonversi suatu objek menadi sebuah button
- Convert to Sprite : untuk mengkonversi suatu objek mendjadi sebuah sprite 

f. Control
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfMsQPaGPGIT8jCXmXormcfkkLTYXdC55H49ygHCQEngeMtsYnoXHOr8B4e8IkoZSXkyIeCvFdyat0RsBFYHMQUu2t31ORHTD3W9Cola3Ew4Iw9XqjK4DSwRgOz8oFq4OkQoxqFr6ZGlM/s1600/web2_image014.jpg
Menu Control menyediakan fasilitas bagaiman movie terseut akan dimainkan dandi preview.
Submenunya antara lain :
- Play Movie : Memainkan movie secara keseluruhan
- Play Timeline : untuk memainkan Scene atau Sprite       yang sedang aktif
- Play Effect : untuk memainkan bagan dari Scene yang mengandung efek yang dipilih
- Stop : untuk menghentikan movie, scene, atau efek    yang sedang dimainkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar